4 Cara Menambah RAM Laptop 2 GB Menjadi 4 GB, Performa Kian Cepat! 

Masalah paling umum yang dialami bagi pengguna laptop adalah menjadi lemot dan lambat. Hal ini bisa saja terjadi akibat software terlalu berat, virus hingga VGA tidak memadai. Namun satu faktor paling utama yakni RAM. Lantas bagaimana cara menambah RAM laptop 2 GB menjadi 4 GB

Cara Menambah RAM Laptop 2 GB Menjadi 4 GB

Masalah RAM memang seringkali dialami oleh banyak pengguna perangkat baik ponsel maupun laptop. Jika kapasitasnya kecil, otomatis akan membuat Anda hanya bisa membuka beberapa apk saja secara bersamaan. Artinya tidak akan bisa menggunakannya secara multitasking. Berikut caranya: 

Cara Menambah RAM Laptop 2 GB Menjadi 4 GB, Performa Kian Cepat! 

1. Terdapat Slot Kosong untuk Menambah RAM

Saat menambahkan RAM, Anda perlu mengecek terlebih dahulu apakah RAM sebelumnya dipasang dengan disolder secara permanen atau tidak. Mengingat saat ini cukup banyak produksi pabrikan yang mulai menyoldernya sehingga pengguna pun tidak bisa melepas, mengganti dan menambah RAM baru

Hal ini berhubungan dengan sistem pemasaran yang menuntut konsumen bisa membeli laptop lebih mahal lagi melalui fitur RAM upgradeable namun tidak dapat dilepas. Apabila slot RAM disorder, dapat dipastikan tidak bisa dilakukan penggantian atau penambahan karena justru membuatnya rusak. 

2. Mengetahui Kapasitas Maksimal RAM

Kapasitas RAM sangatlah penting sehingga pemilik pun perlu mengetahui seberapa besar ukuran maksimalnya. Guna mengetahui hal tersebut, Anda bisa melihat dari salah satu RAM yang sudah terpasang. Umumnya berukuran dari 4 GB sampai 8 GB. 

Apabila ingin menambah RAM laptop sendiri, perlu memastikan kembali apakah RAM yang dipandang memiliki ukuran yang sama atau tidak. Hindari untuk mengisi dengan slot berbeda karena hanya akan berpengaruh pada performa laptop. 

3. Menggunakan RAM Tambahan yang Sejenis

Untuk menambahkan RAM yang berjalan dengan smooth, ada baiknya melihat jenis RAM agar tidak salah saat membelinya. Mengingat bahwa di pasaran pun tersedia pilihannya sangat bervariasi tergantung brand dan tahun pembuatannya. 

Umumnya, laptop produksi sebelum tahun 2019 akan menggunakan jenis DDR3 sampai DDR 2. Bahkan beberapa diantaranya menggunakan DDR1 pada pabrikan lebih tua lagi. Sementara keluaran terbaru, kebanyakan telah memakai DDR4. 

4. Upgrade RAM secara Virtual

Tidak hanya dengan menambahkan RAM secara fisik saja, Anda pun bisa memilih RAM virtual untuk membuat kapasitasnya menjadi lebih besar. Cara kali ini dapat dilakukan dengan  bantuan software Windows seperti Virtual Memory. 

Namun sebelumnya, fikrirasy mengingatkan untuk mengambil harddisk sebagai tempat memori tambahan. Perlu diingat juga bahwa pemakaian virtual memory tidak akan mengurangi kapasitas dari penyimpanan eksternal. 

Bagi Anda yang merasa bahwa kapasitas laptop terasa begitu lambat, cobalah mengikuti cara menambah RAM laptop 2 GB menjadi 4 GB di atas. Hal ini dirasa cukup membantu karena mampu membuat kinerjanya terasa lebih maksimal.

Leave a Comment