6 Obat Kutu Kucing di Apotik yang wajib dicoba

33 views 3:23 pm 0 Comments Januari 6, 2024
6 Obat Kutu Kucing di Apotik yang wajib dicoba

Setiap pemilik kucing tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi peliharaan kesayangan mereka, termasuk dalam hal perawatan kutu. Kutu menjadi gangguan umum yang kerap membuat ketidaknyamanan kucing. Oleh karenanya, memilih obat kutu kucing yang tepat menjadi hal yang penting. Berikut ini adalah daftar obat kutu kucing efektif yang bisa ditemukan di apotik terdekat.6 Obat Kutu Kucing di Apotik yang wajib dicoba

Frontline Flea and Tick Spray

di lansir dari Badilag.id Sebagai solusi praktis dan mudah dalam mengatasi kutu yang sudah meresahkan, ada Frontline Flea and Tick Spray menjadi pilihan utama. Produk ini dikemas dalam bentuk spray, sehingga pemakaiannya pun cukup mudah. Dengan jarak semprot antara 10 sampai 20 cm, sebarkan merata ke seluruh badan kucing sampai ke permukaan kulit. Produk ini berharga lebih kurang Rp 145.000 per 100 ml dan dapat bertahan selama 4 minggu terhadap kutu kucing dan 6 minggu pada kutu biasa.

Frontline Plus For Cat

Versi lain dari Frontline, yakni Frontline Plus For Cat memiliki formula yang cepat larut ke dalam minyak alami kulit kucing dan memberikan perlindungan penuh selama 30 hari. Harganya sekitar Rp 100.000 per pipet dan dapat digunakan pada kucing usia di atas 8 minggu.

Detick

Detick menawarkan solusi kuat untuk mengatasi kutu dengan formula cairnya. Produk ini mengandung Fipronil yang mampu membasmi kutu dengan cepat jika digunakan dengan tepat. Harga Detick di apotik berkisar Rp 30.000.

Virbac Effipro Cat

Selain vitamin, Virbac juga menghasilkan Virbac Effipro Cat, produk pembasmi kutu yang mengandung fipronil. Kelebihan obat ini adalah memiliki daya serap tinggi dan tahan air dengan harga 75.000 per pipet.

Revolution Selamectin For Cats dan Bayer Advocate Cat

Obat kutu lainnya adalah Revolution Selamectin For Cats dan Bayer Advocate Cat. Dua produk ini memiliki keunikan dengan mampu meresap pada pembuluh darah peliharaan dan tidak hanya fokus pada pembasmi kutu, tapi juga berbagai hama lainnya.

Doris

Sebagai alternatif lain dari daftar ini, Doris, yang sebenarnya adalah obat untuk anjing, dapat digunakan untuk kucing. Produk ini berbentuk bedak dengan harga cukup ekonomis sekitar 25.000 Rupiah.

Harap diingat bahwa setiap produk obat kutu memiliki petunjuk pemakaian dan dosis yang berbeda-beda. Disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum memilih produk apa pun untuk perawatan kucing Anda.

Cara Penanganan Kutu Kucing

  1. Pemeriksaan Rutin

Amati perilaku kucing. Jika mereka tampak gelisah, sering menggaruk, atau ada tanda-tanda kerontokan bulu, mereka mungkin terinfestasi kutu. Lihat juga di area tidur dan main kucing untuk tanda-tanda keberadaan kutu.

  1. Penggunaan Obat

Gunakan salah satu obat kutu kucing yang disebutkan di atas. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan pada kemasan dan beri obat sesuai dosis yang dianjurkan.

  1. Kebersihan Lingkungan

Kutu dapat bertahan hidup di lingkungan sekitar kucing, seperti karpet, sofa, atau tempat tidur kucing. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan dan menyemprot area tersebut dengan larutan anti-kutu.

  1. Periksa Kontak Kucing

Jika kucing sering berinteraksi dengan hewan lain, pastikan hewan tersebut juga bebas kutu. Kutu bisa menyebar dengan cepat di antara hewan yang berkontak dekat.

Menyikapi kutu pada kucing bukan soal sepele, supaya tidak menjadi semakin parah di kemudian hari. Untuk itu, para pemilik kucing perlu proaktif dalam menanggulangi masalah ini, guna mencegah dampak berlanjut yang bisa berupa penurunan kualitas kesehatan kucing. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter hewan jika kutu pada kucing tidak juga kunjung berkurang meski telah menggunakan obat.